Minggu, 25 Juni 2017

Bisnis Jasa Tour And Travel

Produk industri parawisata adalah aneka ragam jasa yang dibutuhkan wisatawan yang ditawarkan secara terpisah oleh masing-masing bidang usaha, namun mempunyai kaitan fungsional terpadu dalam rangka memuaskan seluruh pengalaman wisatawan. Adapun produk industri pariwisata adalah jasa perusahaan biro travel agen, perusahaan transportasi, perusahaan akomodasi, perusahaan makanan dan minuman, cidera mata dan kerajinan.

Sebuah agen perjalanan atau tour and travel agen adalah bisnis ritel yang menjual produk perjalanan dan jasa. Bisnis ini terkait kepada pelanggan dan pemasok, seperti maskapai penerbangan, penyewaan mobil, jalur pelayaran, hotel, kereta api, tur dan paket liburan yang menggabungkan beberapa produk. Selain berurusan dengan wisatawan, tour and travel agen memiliki sebuah departemen terpisah yang ditujukan untuk membuat pengaturan perjalanan komersial dan bisnis saja.

Selain itu ada pula agen perjalan yang melayan penjualan umum untuk perusahaan yang bepergian ke luar negeri. Hal ini memungkinkan agen untuk memiliki kantor di negara-negara selain dimana kantor pusat mereka berada di indonesia.

Perusahaan tour and travel adalah perusahaan yang kegiatannya melakukan penjualan tiket sarana angkutan darat, laut, dan udara serta menjual akrcis hiburan. Selain itu, agen tour and travel juga melakukan pemesanan kamar hotel atau reservasi, pertunjukkan, dan lain sebagainya. Pekerjaan penting lainnya adalah mengurus dan mendapatkan dokumen perjalanan seperti exit permit, fiscal passport, visa entry permit, dan lain sebagainya.

Perusahaan tour and travel yang melakukan kegiatan seperti sebelumnya juga mempunyai kegiatan sebagai berikut:


  • Merencanakan dan menyelenggarakan macam-macam perjalanan wisata.
  • Merencanakan dan menjual paket wisata, baik dalam negeri keluar negeri dan sebaliknya.
  • Menyediakan tenaga pramuwisata, tour leader, dan tour conductor.
  • menyewakan angkutan wisata.
  • menyediakan atau memberikan fasilitas angkutan borongan, dll.
Kian tingginya mobilitas masyarakat turut melambungkan bisnis tour and travel. Hal ini karena semakin banyak orang yang butuh akses cepat untuk perjalanan, baik domestik maupun luar negeri. Agen tour and travel telah menjadi kebutuhan masyarakat.

Perusahaan tour and travel biasanya melayani berbagai pemesanan penerbangan, tour wisata dan tour umroh. Kemudian setelah mengalami peningkatan dapat membuka agen dan sub agen yang berada diberbagai daerah destinasi.

Unutk menjadi agen tour and travel, tidak dipungut biaya administrasi. Agen cukup memasukkan uang deposit Rp 200.000 untuk melakukan pembelian tiket langsung. Nantinya, agen akan mendapat akses semua penerbangan maskapai domestik tujuan dalam maupun luar negeri. Unutk setiap transaksi, agen akan memperoleh komisi 2% sampai 5% dari harga dasar tiket pesawat.

Ada pula paket cabang dengan investasi Rp 10.000.000. Mitra paket ini akan menjadi wakil perusahaan pusat di kota tempat mitra beroperasi. Mitra cabang akan memperoleh seluruh sistem, baik penerbangn maupun tour wisata, haji dan umroh. Mitra juga mendapat voucher umroh Rp 3.500.000 deposit Rp 500.0000, website perusahaan, alat promosi seperti brosur, sepanduk, ilkla koran dan jejaring sosial.

Kelebihan paket cabang adalah bebas menjaring agen di koanya. Cabang bisa menarik uang administrasi sewajanya, misal beberapa ratus ribu untuk menjadi agen. Inilah keuntungannya.

Selain itu, mitra cabang bisa menetapkan sistem bagi hasil dari transaksi agen di bawahnya. Mitra paket ini diperkirakan bisa menjual minimal 300 tiket per bulan. Dengan begitu, omzetnya mencapai Rp 200 juta sebulan, dengan laba bersih 2%. Jika itu tercapai, mitra bisa balik modal lima bulan hingga enam bulan.

Perhitungan ini belum termasuk penjualan paket tour wisata atau umroh. Untuk umroh, mitra mendapat komisi berkisar Rp 500.000 sampai Rp 1.500.000 per orang. Perusahaan tour and travel memiliki support system yang baik untuk cabang, seperti penyediaan layanan konsumen atau customer service untuk setiap cabang, sehingga jika ada agen dari cabang yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi customer service perusahaan.

Tour and travel sebagai bisnis jasa memang menggiurkan untuk dijalani. Bisnis yang bisa dimulai dari menjadi sub agen ini meraup keunutngan yang besar. Tugas-tugas perusahaan dan agen tour and travel seperti yang dijelaskan di atas cukup mudah dijalani. Kita hanya butuh ketekunan menggarap lahan ini dan keterampilan menyakinkan konsumen kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar