Minggu, 25 Juni 2017

Beberapa Fasilitas Tour And Travel

Jika musim liburan tiba, masyarakat suka berlibur ke destinasi wisata baik domestik maupun mancanegara. Pada wisata dosmetik, banyak destinasi wisata di Indonesia yang menyajikan panorama alam yang sangat indah dan eksotis serta memiliki daya tarik khas mereka karena belum banyak dikenal luas.

Namun tujuan wisata mancanegara juga tidak kalah serunya. Akan tetapi, kadang-kadang ada keraguan untuk berwisata karena masyarakat tidak memiliki informasi mengenai objek wisata yang akan dituju, membuat sendiri perjalanan, menyesuaikan dana, mencari tiket pesawat, hotel transportasi, dan lain sebagainya. Hal itu ternyata menyita waktu karena harus mencari informasi kesana-kesini.

Menjalankan bisnis tour and travel atau agen perjalanan harus menyediakan atau memberi fasilitas yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan dunia pariwisata. Kehadiran tour and travel menjadi solusi dengan menawarkan paket perjalanan yang diinginkan konsumen baik paket wisata religi seperti haji, umroh, wisata dosmetik, maupun wisata mancanegara.

Biasanya wisatawan yang ingin berlibur akan mendatngi agen tour and travel untuk mencari informasi pariwisata. Ada beberapa alasan kuat mengapa wisatawan menggunakan jasa tour and travel agency. Agen our and travel adalah tempat calon wisatawan berkonsultasi dalam menentukan lokasi tujuan wisata. Oleh sebab itu, agen tour and travel harus mempunyai keahlian, pengetahuan, dan seluk beluk objek wisata yang layak dikunjungi. Kita harus tahu tempat bersejarah, lokasi belanja, lokasi kuliner, taman bermain, dan lain sebagainya.

Agen tour and travel juga harus memiliki akses mengenai informasi harga, rute paling efisien, sehingga dapat menghemat waktu dan uang wisatawan. Agen tour and travel harus membuat paket promosi tour. Oleh sebab itu informasi dan akses langsung ke pemilik resort, maskapai penerbangan, pemandu wisata, jalur pelayaran, dan sebagainya harus dikuasai oleh agen tour and travel.

Agen tour and travel juga harus memberikan fasilitas bagi wisatawan yang menginginkan perjalanan untuk acara khusus, seperti wisata pernikahan, tour perusahaan, dan lain sebagainya. Disini sgen tour and travel arus memiliki akses dan relasi untuk membantu konsumen merencanakan acara tersebut dengan baik.

Agen tour adn travel memberi fasilitas kepada konsumen dengan menyediakan tiket pesawat, akomodasi, seperti voucher hotel, antar-jemput ke bandara di kota asal dan kota tujuan, transportasi wisata, pemandu wisata, paket makan, dan lain sebagainya. Penawaran khusus, seperti diskon tarif hotel, tiket pesawar promo, termasuk jika ingin upgrade class penerbangan, upgrade kamar hotel, dan sebagainya merupakan fasilitas yang harus disediakan oleh agen tour and travel. Hal ini tentunya sangat mambantu wisatawan daripada harus repot dan bersusah payah mencari, memesan sendiri tiket pesawat, transportasi, hotel, sewa kendaraan, masuk objek wisata, berbelanja, tempat makan, dan lain sebagainya.

Fasilitas lain yang diberikan agen tour and travel kepada wisatawan adalah bisa membantu pelancong bila secara tiba-tiba penerbangan dibatalkan oleh maskapai. Wisatawan harus dibantu untuk re-booking tiket pesawat, atau misal di negara atau kota tujuan wisatawan mengalami masalah seperti kamar hotel full, transportasi di lokasl tidak ada, kehilangan paspor (jika perjalanannya keluar negeri), kecelakaam, sakit, dan lain sebagainya, maka agen perjalanan bisa mengatasi hal ini dengan memanfaatkan jaringan atau relasi mereka di negara atau kota tujuan.

Selain semua fasilitas yang disebutkan di atas, agen tour and travel juga harus menyediakan layanan yangmemuaskan. Dengan layanan yang memuaskan itu, maka agen tour and travel harus memiliki kriteria-kriteria yang jelas dalam melakukan pelayanan. Hal ini penting karena agen tour and travel melakukan bisnis jasa yang berhubungan erat dengan kepuasan konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar