Kamis, 15 Juni 2017

BELAJAR MEMAHAMI DUNIA BISNIS

Sewa Mobil di Malang - Bisnis adalah upaya memutar modal kita untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan bisnis di dapat dari menjual produk atapun menjual jasa. Dengan demikian dapat dikatakan baha bisnis adalah upaya menjual produk atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, seklompok orang atau organisasi kepda konsumen degan tujuan memperoleh keuntungan atau laba.

Selain untuk memperoleh keuntungan atau laba, ada beberapa fungsi lain dari bisnis, yaitu memenuhi kebutuhan konsumen (masyarakat), menciptakan nilai suatu produk atau jasa menjadi sesuatu yang lebih berguna, menambah lapangan pekerjaan dan menambah pemasukkan Negara berupa pajak yang kita bayarkan. sewa mobil malang - Dengan demikian, bisnis bukan merupakan kepentingan sepihak saja, dalam hal ini pihak penjual yang mendapat keuntungan material, tetapi juga dapat memberikan keuntungan bagi konsumen, dalam hal ini kebermanfaatan produk atau jasa yang dijual produsen.

Bisnis bisa dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi. Umumnya dasar kepemilikan bisnis mencakup hal-hal sebagai berikut:
  • Perusahaan perseorangan adalah biasanya bisnis ini dimiliki oleh satu orang.
  • Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan, Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persatuan komaditer dan firma.
  • Perseroan adalah bisni yang dimiliki oleh beberapa orang dan diaasi oleh direktur.
  • Koperasi adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
Pada umumnya, bisnis kecil masih dipegang atau dilakukan oleh perorangan. Akan tetapi ketika sudah berbentuk badan usaha komanditer atau firma harus terdiri atau dimiliki minimal oleh dua orang.

Selain dibedakanberdasarkan kepemilikannya, bisnis juga dibedakan atas dasar aktivitasnya. Berdasarkan aktivitasnya, ada beberapa macam bisinis antara lain sebgai berikut. sewa mobil malang -
  • Bisnis Manufaktur

Bisnis ini memproduki produk yang berasal dari bahan mentah dengan bahan-bahan pendukung. Kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis manufaktur dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil, motor dan elektronik.

  • Bisnis Retail dan Distributor

Pengecer atau retail dan distributor adalah pihal yang berperan sebagai perantara produk konkrit antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi pada konsumen adalah distributor atau pengecer. Contohnya: toko kelontong, swalayan dan lain sebagainya.
  • Bisnis Pertanian dan Pertambangan

Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah. Bisnis pertanian menghasilkan bahan makanan dan lain sebagainya. Sementara itu, bisnis pertambangan menghasilkan bahan minyak, bat bara, dan lain sebagainya.
  • Bisnis Finansial

Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari kegiatan investasi dan pengelolaan modal. Kegiatan bisnis ini mengutakan mobal finansial tidak menggerakan modal finansial secara mandiri, namun dilakukan oleh pihak lain.
  • Bisnis Informasi


Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari hasil penjualan . Bisnis informasi biasanya dilakukan oleh para agen properti yang menaarkan properti produsen kepada konsumen. Setelah terjadi kesepakatan dan penjualan, pebisinis informasi akan mendapatkan fee dari produsen maupun konsumen.
  • Bisnis Utilitas

Bisnis utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah. Bisnis utilitas dilakukan oleh pengusaha swasta dengan berafiliasi dengan perusahaan milik negara.
  • Bisnis Real Estate

Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah dan bangunan. Bisnis ini banyak dilakaukan oleh orang yang memiliki modal besar, karena bisnis real estate memang membutuhkan dana produksi yang tidak sedikit.
  • Bisnis Jasa


Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible atau suatu yang tidak bisa didefinisikan secara konkrit, dan mendapatkan keunutngan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Bisnis jasa biasanya dilakukan dengan membuka usaha konsultasi dan atau perantara. Dalam halini, bisnis jasa, misalnya bisnis konsultasi psikologi, bisnis rancang bangun, bisnis penyelenggaraan perjalanan atau tour dan lain sebagainya.
  • Bisnis Transportasi

sewa mobil malang - Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan mengantarkan barang atau atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. Bisnis transportasi ini biasanya terkait erat dengan bisnis tour and travel.

Dari apa yang telah diuraiakan di atas, dapat dikatakan bahwa bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan dengan siapa saja. Dengan demikian, semua orang dapat melakukan atau menjalankan. Dengan mobal yang tidak banyak,kita bisa mendapatkan keuntungan dari menjalankan sebuah bisnis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar